Senin, 16 Januari 2017

Tabungan Biasa atau TABUNGAN CERDAS???

ASSALAAMUALAIKUM SAHABAT..

Malam ini saya akan berbagi tentang financial planning sederhana ya. Dikarenakan sederhana maka faktor inflasi kita abaikan ya.

Tersebutlah seorang bernama Budi, Sudah berkeluarga dan punya gaji 7juta perbulan.setiap bulannya 5juta habis digunakan, sisa 2 juta ditabungkan.Menurut Budi sendiri ini Sudah kondisi ideal untuk dirinya

Mari Kita Bahas ya teman teman!
Menurut pakar financial,justru kondisi Budi yang seperti sekarang ini agak rawan. Kenapa?
Ada yang bergantung hidup pada Budi.

Artinya jika mendadak Budi incomenya berhenti karena Budi tutup usia,maka semua yang bergantung hidup kepada Budi tidak punya uang untuk melanjutkan kehidupan. Pasti ada yang berkata loh kan dia punya tabungan? Benar, namun bisa digunakan berapa lama? Dan apakah bisa memastikan dalam proses menyimpannya tabungan itu tidak pernah digunakan Budi sama sekali?

Jadi,Apa yang harus dilakukan Budi?
Budi sebaiknya mempersiapkan Dana untuk keluarganya minimal 60 Kali gaji Bulanan dia sehingga keluarga bisa melanjutkan kehidupan tanpa Budi minimal 5 tahun sembari mencari pendapatan lain.
Dari contoh diatas maka yang perlu dipersiapkan adalah 60 x 7 juta = 420juta.

Bagaimana mempersiapkan uang itu?
Budi punya pilihan
MENABUNG BIASA 2 juta perbulan di tabungannya seperti biasa, maka uang itu akan terkumpul 210 bulan kemudian. Jadi dia tidak boleh berhenti sebelum Hal itu tercapai.

Pilihan lainnya,
Melakukan cara CERDAS,Budi hanya perlu mempersiapkan 420 juta dibagi 100 yaitu 4,2juta cicilan pertahun atau menyisihkan 350ribu perbulan. Bahkan saat budi pertama Kali menyicil saja dan mendadak incomenya berhenti karena tutup usia maka keluarganya Sudah ada 420juta untuk meneruskan kehidupan.

Pertanyaannya, ketika anda adalah Budi, cara mana yang anda pilih?

MENABUNG BIASA atau menyisihkan secara CERDAS?

Ketika dihitung dengan kasus Budi diatas, maka bisa disimpulkan dengan MENYISIHKAN 5% PENGHASILAN SETIAP BULANNYA, ANDA BISA MEMASTIKAN KEHIDUPAN SELURUH KELUARGA.

Semoga bermanfaat!
Salam hangat
Copas and edited from #CoachJhoniLie


Eko Tunjung Wicaksono
Financial Consultant
Hp/sms. 085312329924
Wa. 081310709343

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Takaful Keluarga Resmikan Yurivanno Gani sebagai Direktur Utama

Jakarta, 19 April 2024 – Berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham, PT Asuransi Takaful Keluarga (Takaful Keluarga) resmi mengumumkan ...